Senin, 02 Juni 2014

Perbandingan Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga


Honda Mobilio VS Suzuki Ertiga
Kumpulan harga mobil – Mengawali hari pertama kerja dibulan juni, penulis ingin meng-compare dua mobil LMPV ( Low Multi Purpose Vehicle) yang sedang naik daun yakni Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga.


Honda Mobilio adalah mobil kelas LMPV yang dirilis oleh Honda pada akhir tahun 2013. Sedangkan Suzuki Ertiga adalah mobil kelas LMPV yang dikeluarkan suzuki untuk menyaingi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Style dan Desain

Dalam perbandingan hal yang pertama kali dibandingkan adalah style dan desain. Namun untuk style dan desain bergantung selera. Hanya saja menurut penulis, Mobilio memiliki kelebihan pada desain eksteriornya. Hal ini bisa dilihat dari garis-garis tajam yang dinamis membuat desain terlihat sporty dan keren. Hanya saja, material bagian interior yang digunakan Mobilio tidak berbeda dibandingkan Honda Brio.

Sedangkan Ertiga mempunyai desain ekterior yang standar namun pada interiornya memakai bahan yang lebih baik dan nyaman.

Performa
Untuk Performa mesin, kedua mobil Honda Mobilio dapat mengungguli Ertiga. Honda Mobilio menggunakan mesin berkapasitas 1500cc dengan teknologi I-Vtec, SOHC, drive by wire. Sedangkan Suzuki Ertiga mengandalkan mesin berkapasitas 1400cc DOHC, dan VVT.

Mobilio dapat mematahkan tradisi yang mengatakan bahwa mesin DOHC lebih unggul dari mesin SOHC. Keunggulan Mobilio terhadap ertiga juga dipengaruhi oleh CC yang lebih besar dibandingkan Ertiga.

Dalam hal kecepatan Mobilio juga unggul dibandingkan Ertiga. Mobilio dapat mencapai kecepatan 100km/jam dalam waktu 14,9 detik. Suzuki Ertiga mencapai kecepatan 100km/jam dalam waktu 15,1 detik.

Konsumsi Bahan Bakar

Konsumsi bahan bakar kedua mobil ini sangat beda tipis. Meski memiliki mesin yang besar, ternyata Honda Mobilio lebih irit dibandingkan Suzuki Ertiga. Mobilio untuk 1 liter BBM dapat menempuh jarak 12,8 km. Sedangkan Ertiga 1 liter BBM dapat menempuh jarak 12,4 km.

Kesimpulannya : Honda Mobilio lebih unggul dalam konsumsi bahan bakar.

Fitur

Fitur kedua mobil ini berimbang. Kedua mobil telah dilengkapi dual airbag, dan ABS, lalu sisi kenyamanan AC juga sudah sama-sama double blower, tapi yang kurang dari mobilio adalah tidak adanya Switch audio pada setir jadi pengendara tidak perlu repot-repot dan terhalang konsentrasinya dimana pada ertiga seri GX hal ini sudah ada, namun head unit mobilio sudah menggunakan monitor dan dapat terintegrasi dengan kamera belakang.

Kabin, akomodasi dan kenyamanan

Luas kabin suzuki ertiga terasa lebih panjang jika bangku dilipat semua sampai baris kedua hal ini dikarenakan cara melipat kursi baris ketiga, ertiga bisa sejajar (lihat gambar diatas), hanya saja mobilio lebih lebar dan tinggi, dan jika semua diduduki sampai 7 orang, bagasi mobilio masih lebih lega, untuk membuka Jok baris kedua juga sangat nyaman karena hanya butuh satu sentuhan.

Harga


Masalah utama ada pada harga dari kedua mobil ini. Harga Honda Mobilio masih lebih murah dibandingkan Suzuki Ertiga. Tipe Honda Mobilio termahal dibandrol Rp. 198 juta. Sedangkan tipe termahal Ertiga dibandrol Rp. 208 juta.

Kesimpulan

Penulis secara keselurah menyimpulkan bahwa Honda Mobilio lebih unggul dibandingkan Suzuki Ertiga. Namun setiap orang memiliki pandangan yang berbeda.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes